Monday, November 17, 2008

Customer Relation Management


jangan kaget jika anda tiba-tiba dikirimi kartu ucapan selamat oleh perusahaan otomotif terkenal pada hari ulang tahun anda. Ini adalah bentuk strategi perusahaan tersebut untuk mempertahankan loyalitas anda terhadap produk mereka. cara ini merupakan salah satu cara dalam Customer Relation Management atau disingkat CRM. CRM sendiri adalah aplikasi yang didesain untuk membantu suatu organisasi, mengoptimalkan hubungan dengan pelanggannya dan para supplier-nya, melalui satu atau lebih touch points – seperti call center, salesperson, distributor, store, branch office, web, e-mail dengan tujuan untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggannya.
keuntungan dari penerapan CRM dalam perusahaan adalah Mengurangi biaya, Meningkatkan efisiensi, Meningkatkan keuntungan, dan Meningkatkan loyalitas pelanggan. dengan meningkatkan loyalitas pelanggan dengan sendirinya keuntungan pun akan meningkat, biasanya sebuah perusahaan akan memberikan kemudahan lebih pada pelanggan prospektifnya.

Thursday, November 13, 2008

I'm back...

setelah beberapa waktu menghilang,, akhirnya saya kembali lagi.. hehe
tujuan awal bikin blog ini sebenernya buat tugas MIS-nya pak Dachyar aja,, tapi setelah melihat animo (halah..) masyarakat TIUI ekstensi dalam hal bloging saya gak pengen ketinggalan.. ayo temen2 upload lagi blognya, supaya apabila kelak kita berpisah, dengan dunia maya kita tetap menyambung persahabatan!
trims buat pak Dachyar atas tugasnya (drunken master), juga buat temen2 yang udah mau ngisi komen, bikin semangat nulis lagi deh hahahaha