Thursday, September 25, 2008

EDI


EDI? mendengarnya pertama kali seperti nama orang, tapi EDI yang akan kita bahas kali ini tidak lain dan tidak bukan adalah kependekan dari Electronic Data Interchange. Merupakan mekanisme untuk pertukaran data-data untuk keperluan bisnis secara elektronis. Keuntungan dalam penggunaan EDI adalah dapat mempercepat proses bisnis, karena proses-proses bisnis yang pada awalnya bersifat manual atau paper based digantikan dengan informasi digital. Pada awalnya EDI dikembangkan antar dua perusahaan atau lebih yang melakukan kegiatan bisnis rutin, sehingga dibuatkanlah sistem elektronis yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Namun karena itu pula EDI memiliki kelemahan dalam implementasinya yang sangat spesifik dan tertutup sehingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dengan adanya Internet, mulai muncul EDI (over) Internet, dan Open EDI yang diharapkan dapat menekan biaya dengan menggunakan Internet.

6 comments:

jamaluddin said...

uraian yang cukup menarik.
cuma saya masih bingung EDI ama LAN apa bedanya ya? kok fungsinya mirip2

Amir lazuardi said...

postingan yang cukup bagus mengenai elektronik data interchange tapi sudah tersosialisasikah secara utuh di seluruh indonesia.....

adityo wicaksono said...

salah satu implementasi EDI secara fisik bisa pakai LAN, tapi itu gak harus, WAN juga bisa kok. intinya EDI harus punya fitur lebih lainnya seperti keamanan (VAN = value added network).
kayanya pengguna EDI sebatas perusahaan beasr aja, karena mahalnya biaya untuk mengimplementasikannya, baik fisik maupun sistemnya. makanya sekarang pendekatannya lebih menggunakan web service yang bisa menggunakan jaringan internet biasa. oks gak tuh!!

Mufti Auliya Zulfiqar said...

Ehm...Gw sebenernya ga terlalu ngerti yang dibahas Jamal...Bs dijelasin lbh detail Bos....

Hendry's said...

kalo gitchu bedanya open EDI sama e commerce apa?

Iman Radito said...

kedengerannya EDI teknologi jadul...
jadi kebayang mainframe yang gede...
ngebaca datanya pake roll pita