Monday, November 17, 2008

Customer Relation Management


jangan kaget jika anda tiba-tiba dikirimi kartu ucapan selamat oleh perusahaan otomotif terkenal pada hari ulang tahun anda. Ini adalah bentuk strategi perusahaan tersebut untuk mempertahankan loyalitas anda terhadap produk mereka. cara ini merupakan salah satu cara dalam Customer Relation Management atau disingkat CRM. CRM sendiri adalah aplikasi yang didesain untuk membantu suatu organisasi, mengoptimalkan hubungan dengan pelanggannya dan para supplier-nya, melalui satu atau lebih touch points – seperti call center, salesperson, distributor, store, branch office, web, e-mail dengan tujuan untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggannya.
keuntungan dari penerapan CRM dalam perusahaan adalah Mengurangi biaya, Meningkatkan efisiensi, Meningkatkan keuntungan, dan Meningkatkan loyalitas pelanggan. dengan meningkatkan loyalitas pelanggan dengan sendirinya keuntungan pun akan meningkat, biasanya sebuah perusahaan akan memberikan kemudahan lebih pada pelanggan prospektifnya.

11 comments:

frangko said...

crm, crm sepertinya sepele sech tapi tu sebenarnya adalah langkah tepat untuk meningkatkan keuntungan perusahaan, gimana nggak bayangin aja nech misal untuk tukang cukur rambut kalo pelanggan yang setia udah 100 dalam seminggu hanya karna tukang cukur ngasih pijat gratis ma pelanggannya , itu tukang cukur rambut bisa naek haji kayanya..

Mufti Auliya Zulfiqar said...

Ehm...lbh gampang lg usaha Warteg...Jagankan naek Haji...Loe beli tanah, beli mobil sm bngn rumah jg bs....he..he..

Amir lazuardi said...

seperti kata bpk dachyar sebagus apapun sistem crm kita..tapi kalau sarana yang mendukung tidak memadai sama saja boong...nah utk mengukur keberhasilan suatu sistem crm tersebut adalah apabila pelanggan lama kita terus berlangganan dengan kita ( atau melakukan continued transaction) serta pelanggan baru pun berdatangan dan juga ikut berlangganan maka disitulah dilihat tingkat keberhasilannya
utk lebih jelas kunjung aja disini:
AmirCRM

Please Call Me Febri.. said...

CRM memang bagus, tapi itu hanya bisa digunakan oleh perusahaan besar..yah kalau tukang cukur dan warteg mau pakai CRM kira2 mereka ada program apa yang akan ditawarkan ke pelanggan? apakah gaya model rambut baru? atau menu lauk baru? kalau cuma itu saya kira mahal di program CRMnya donk..

adityo wicaksono said...

kalo dikasih pelayanan tambahan tu trmasuk CRM juga gak? misalnya tukang cukur ngasih pijet sbentar abis dia motong rambut pelanggannya.

Amir lazuardi said...
This comment has been removed by the author.
Amir lazuardi said...
This comment has been removed by the author.
Hendry's said...

ada apa si sama tukang pijet n tukang cukur???

Iman Radito said...

Comment deleted
This post has been removed by the author.

November 23, 2008 12:59 PM

Comment deleted
This post has been removed by the author.

November 23, 2008 1:04 PM


Apaaan tuuuchh:
hahhahaha pasti nggak beres deh isinya sampe dipotong heuehhehea kacau lu...

Iman Radito said...

CRM bisa diterapkan ke skala yang lebih kecil kok, seperti firma desain, bengkel mobil, bengkel motor, dan toko mainan ato toko hobi misalnya...

Bahkan tukang buah pinggir jalan pun bisa menerapkan CRM dengan buku tulis kucel...

jamaluddin said...

waa udah 11 comment,,
gw masih nol
huhuhuhu
isiin comment gw dunk yo